Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Wednesday, November 23rd, 2016 - Tips Kesehatan

Cara mengatasi cegukan pada bayi berbeda tentunya dengan apa yang bisa kita lakukan pada orang dewasa. Ketika bayi merasakan sesuatu yang menyiksanya, dia hanya bisa menangis dan tidak bisa berkata apa-apa. Oleh karena itu, kita harus betul-betul paham dengan apa yang sedang terjadi. Jika kita sudah paham dengan apa yang dialami oleh bayi, maka kita bisa melakukan pengambilan keputusan secepat mungkin.

Mengapa Bayi Bisa Mengalami Cegukan?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bayi menjadi cegukan. Beberapa di antaranya adalah karena terlalu banyak udara masuk saat ia menyusu, masuknya udara saat mengunyah dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Cegukan pada bayi mungkin bisa membuat orang tua panik dan merasa tidak nyaman. Bagi bayi, cegukan tidak mempengaruhi aktivitas yang ia lakukan. Namun meskipun demikian, pasti ada hal-hal yang terganggu dan ini betul-betul harus secepatnya diatasi.

Pahami Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Ketika bayi mengalami cegukan, kita bisa melakukan beberapa hal yang mungkin bisa meredakan kondisi tersebut.

  • Tenangkan Bayi
    Ketika cegukan terjadi saat sedang disusui, maka Anda tidak harus panik. Hentikan sejenak aktivitas menyusui tersebut dan tenangkan sang bayi.
  • Tunda Makan
    Jika bayi sedang mengalami cegukan, Anda bisa menunda makan bayi, hingga ia merasa tenang dan rileks. Namun ingat, jangan ditunda terlalu lama, karena hal ini bisa saja membuat bayi menjadi rewel.
  • Bantu Bayi Bersendawa
    Seperti yang disebutkan di atas, salah satu penyebab bayi mengalami cegukan adalah terlalu banyak udara masuk ke bagian pencernaan bayi. Untuk itu, membantu bayi untuk bersendawa merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi cegukan.
  • Memberikan Sesuatu Untuk Dihisap
    Beberapa orang tua memutuskan memberikan sesuatu untuk dihisap oleh bayi, sebagai langkah untuk menghentikan cegukan. Hal itu bisa saja dilakukan, asalkan betul-betul aman untuk bayi. Jika hal tersebut membahayakan, sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

Ada Kondisi-kondisi Yang Harus Diwaspadai

Cegukan pada bayi normal dan sehat, merupakan sesuatu yang wajar dan sering terjadi. Namun, ada juga beberapa hal yang sangat harus menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan bisa saja bayi mengalami sesuatu yang jauh lebih. Misalnya, pada bayi yang lahir secara prematur, cegukan bisa menjadi masalah yang menimbulkan berbagai komplikasi. Oleh karena itu, ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya dan memerlukan penanganan yang lebih serius.

Selain itu, sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan kondisi bagaimana bayi cegukan. Jika cegukan mendorong dia terlihat ingin meludah, batuk atau rewel, hal itu harus segera dikonsultasikan dengan dokter. Bisa juga, bayi mengalami cegukan yang tidak terkendali. Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Konsultasi ke dokter merupakan sesuatu yang bisa dibilang wajib untuk hal ini.

Beberapa kondisi cegukan memang tidak menjadi masalah, bahkan bayi bisa tetap tertidur saat mengalami cegukan. Tetapi, cegukan juga bisa mengindikasikan sebuah kondisi medis yang cukup serius. Oleh karena itu, perlu penanganan yang betul-betul cepat dan tepat. Konsultasi ke dokter merupakan solusi paling jitu untuk mengatasi hal ini.

Sebagai orang tua, kita memang harus cepat tanggap dengan apapun yang terjadi pada bayi. Usia ini, bayi sedang dalam masa pertumbuhan emas. Itulah mengapa, bayi tidak boleh mengalami masalah yang serius pada masa-masa ini. Nutrisi yang diberikan bayi juga harus betul-betul seimbang, sesuai kebutuhan dan juga sesuai takarannya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda jadi betul-betul paham cara mengatasi cegukan pada bayi.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi | yuda.site | 4.5