Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Tuesday, November 29th, 2016 - Info dan Tips

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak tentu akan berbeda dengan orang dewasa. Apalagi, jika anak Anda masih bayi. Perlu cara-cara khusus untuk mengatasi masalah ini. Hidung tersumbat pada anak bisa terjadi akibat adanya gangguan kondisi medis tertentu, salah satunya adalah gejala flu. Ketika orang dewasa mengalaminya, mungkin banyak hal yang bisa kita lakukan. Tetapi jika anak-anak yang mengalaminya, maka kita sebagai orang tua yang harus cepat tanggap menanganinya.

Pahami Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Bayi akan mudah terkena pilek di bulan pertama. Keadaan ini tentu saja akan membuat bayi tidak nyaman, karena hidungnya tersumbat. Keadaan ini akan sangat menuntut orang tua untuk sesegera mungkin membantu mengatasi sumbatan yang mengganggu dan menghalanginya tersebut. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh orang tua, untuk mengatasi hidung tersumbat tersebut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Sedot Ingus
    Membuang ingus pada bayi bisa dengan cara disedot. Cara ini efektif karena bisa mengeluarkan dan membuang penghalang di hidung bayi. Untuk melakukan penyedotan ini, gunakan alat aspirator atau infant nasal bulb. Kedua alat tersebut adalah alat khusus untuk menyedot ingus bayi.
  • Hirup Uap
    Uap air panas dapat mengatasi mencairkan ingus yang mengalangi dan sulit untuk keluar. Hal ini biasa dilakukan oleh orang tua, untuk mengatasi sumbatan pada hidung. Hal ini juga bisa dilakukan pada anak Anda, bantu ia untuk menghirup uap air panas dari baskom. Anda bisa juga mengajaknya ke kamar mandi dengan kran air panas.
  • Berikan Cairan
    Cairan pada saat pilek memang cukup dibutuhkan. Jika anak Anda memang sudah diberikan makan, maka Anda bisa memberikannya sup hangat. Seperti kita pada orang dewasa, sup hangat dapat membantu untuk membuat badan jadi merasa sangat baikan.

Periksakan Si Kecil Ke Dokter

Pada tahun-tahun pertama, anak Anda mungkin akan lebih mudah mengalami pilek dan flu. Anda jangan sampai menganggap ini wajar dan enteng! Daya tahan tubuh anak bisa jadi sedang rendah dan mudah terserang penyakit. Pastikan Anda selalu berkonsultasi dan memeriksakan kondisi anak Anda ke dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan solusi yang terbaik, manakala si kecil mengalami sakit. Dokter akan lebih tahu tentang obat-obatan yang bisa diberikan kepada anak. Anda jangan sekali-kali memberikan obat yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa, karena komposisi dan dosisnya tentu berbeda. Jika Anda memberikan obat yang sembarangan, bukannya malah menjadi baikan, tetapi malah mendatangkan sesuatu yang berbahaya bagi si kecil.

Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk masa pertumbuhan anak Anda. Selain itu, makanan yang bergizi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, anak Anda akan jarang sakit, termasuk sakit flu dan pilek. Jika anak Anda belum boleh diberikan makanan, makan nutrisi makanan dapat dikonsumsi oleh Anda sebagai ibu. Biarkan si kecil menyusu, maka ia akan mendapatkan nutrisi yang dimakan oleh ibu.

Memberikan ASI secara eksklusif dan sesuai dengan tuntunan kesehatan sangat diperlukan. Tidak ada jenis makanan yang lebih baik bagi bayi, kecuali air susu ibu. Bahkan kini, sudah ada program inisiasi menyusui dini. Artinya, bayi yang baru dilahirkan akan disusukan kepada ibu dengan cara pendekatan alami. Demikianlah penjelasan tentang cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak | yuda.site | 4.5