Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Tuesday, November 29th, 2016 - Info dan Tips

Cara mengatasi perut kembung pada anak harus diketahui oleh setiap orang tua. Anak memang bisa merasakan sesuatu, tetapi mungkin iat tidak bisa mengkomunikasikannya dengan baik, kepada orang tua. Untuk itu, kita harus betul-betul peka dengan apa yang terjadi pada anak. Selanjutnya, kita harus melakukan beberapa cara untuk mengetasi hal tersebut. Perut kembung memang membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi anak-anak.

Ketahui Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pada orang yang lebih dewasa, gas di dalam perut akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Namun pada bayi, terkadang membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan gas tersebut. Jika Anak yang mengalami perut kembung lebih besar, kita bisa menanyainya. Namun jika hal itu terjadi pada bayi, maka kita yang harus membaca tanda-tandanya. Beberapa ciri bahwa bayi mengalami perut kembung antara lain adalah rewel. Selain itu, bayi juga bisa menggeliat melengkungkan punggung dan mengangkat kakinya. Hal lain untuk memastikannya adalah dengan memeriksanya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi :

  • Pijat Perut Anak
    Pijatan yang dimaksud bukan betul-betul memijat dengan keras perut bayi. Caranya adalah dengan memijat lembut searah dengan jarum jam. Posisi bayi harus pada keadaan telentang. Anda bisa juga meletakan anak bayi pada paha dengan posisi telungkup, kemudian punggungnya bisa diusap-usap.
  • Gendong Anak Posisi Tegak
    Setelah minum susu, anak sering ingin digendong oleh orang tuanya. Susu juga bisa menyebabkan perut kembung pada anak, jika tidak masuk ke dalam perut bayi secara benar. Cara agar susu masuk secara sempurna ke perut adalah, dengan menggendong bayi dengan posisi tegak.
  • Hindari Makanan Bergas
    Untuk anak yang lebih besar dan sudah diberikan makanan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas. Makanan bergas dapat menyebabkan munculnya kembung pada perut. Beberapa contoh makanan yang mengandung gas antara lain adalah minuman dingin, es krim, kacang-kacangan, minuman bersoda dan kol.
  • Makan Secara Perlahan
    Makan dengan tergesa-gesa adalah cara yang buruk. Untuk hal itu, sebaiknya ajarkan anak untuk makan dengan perlahan-lahan. Dengan begitu, makanan yang masuk ke dalam perut dapat dicerna dengan sempurna, secara perlahan-lahan.
  • Hindari Makan Sambil Berbaring
    Anak memang agak ”bermanuver” kalau soal makan. Kadang ia ingin melakukannya sambil berbaring. Namun, hal tersebut dapat menimbun udara yang tertelan saat makan. Akibatnya, perut anak-anak jadi kembung. Untuk itu, sebaiknya hindari mengajak anak makan sambil berbaring.

Ketahui Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung pada anak banyak macamnya. Kita harus mengetahui penyebab-penyebab tersebut. Dengan begitu, di kemudian hari kita bisa menghindari untuk tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan perut kembung kembali pada anak. Berikut beberapa penyebab perut kembung pada bayi :

  • Makanan yang dikonsumsi anak
    Mengkonsumsi makanan yang salah dapat menyebabkan suatu masalah. Misalnya, pada bayi yang sudah mulai diberi makanan, jenis sayuran tertentu seperti brokoli, dapat menyebabkan perut kembung jika terlalu banyak.
  • Dot Bayi
    Dot adalah tempat untuk memberikan susu formula kepada bayi. Ternyata, pemilihan dot yang salah dapat menimbulkan masalah. Ujung dot yang tidak tepat dapat membuat bayi menelan banyak udara, sehingga menyebabkan kembung.
  • Makanan Ibu
    Bayi yang masih menyusu ASI akan menerima nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu. Jenis makanan ibu sangat berpengaruh pada anak yang disusui. Pilihlah makanan yang tepat dan tidak menimbulkan perut kembung.

Masalah perut kembung pada anak memang sering menjadi topik yang banyak dicari cara pemecahannya. Semoga artikel tentang cara mengatasi perut kembung pada anak di atas dapat bermanfaat.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak | yuda.site | 4.5