Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Thursday, November 17th, 2016 - Tips Kesehatan

Cara mengatasi tekanan darah rendah banyak tidak diketahui oleh banyak orang. Darah rendah merupakan kondisi yang betul-betul harus segera diatasi. Darah yang rendah akan membuat penderitanya merasakan 5 L (lemah, lesu, lelah, lunglai, letih) sebagai gejala awalnya. Untuk mengatasi darah rendah sebetulnya mudah, yakni mengonsumsi berbagai makanan yang bermanfaat sebagai penambah darah. Kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jenis-jenis makanan penambah darah tersebut.

Mengatasi Darah Rendah Dengan Cara Alami

Jika Anda diperiksa ke dokter, dokter akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk mengatasi darah rendah. Selain itu, dokter juga akan memberikan suplemen berupa vitamin yang mampu membantu menaikan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan sederhana yang mudah kita dapatkan dimanapun, diharapkan darah rendah bisa diatasi dengan sangat mudah. Inilah beberapa langkah sederhana untuk membantu mengatasi darah rendah :

  • Konsumsi Kopi
    Kopi merupakan salah satu minuman yang merakyat dan mudah didapatkan di manapun. Kopi ternyata mempunyai manfaat kesehatan yang tidak bisa desepelekan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh PERKI, mengatakan bahwa kopi dapat mengatasi darah rendah. Anda bisa mengkonsumsi kopi sebagai cara untuk membantu mengatasi darah rendah. Namun Anda harus ingat, minum kopi juga harus dibatasi. Kopi mempunyai keburukan juga untuk kesehatan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Karena, apapun jika dikonsumsi secara berlebih akan berbahaya.
  • Bangun Secara Perlahan
    Orang yang mengalami darah rendah, biasanya akan mengalami pening, pusing, berkunang-kunang bahkan bisa terjatuh, jika bangun secara sekaligus. Orang yang mengalami darah rendah akut harus bangun perlahan-lahan setelah ia tidur atau duduk. Jika penderita terlanjur bangun dengan tergesa-gesa dan merasakan gejala ini, sebaiknya segera bersandar pada tembok atau dinding yang ada di sekitarnya.
  • Hindari Sauna dan Mandi Air Panas
    Sauna dan mandi air panas bisa memberikan relaksasi yang luar biasa. Sauna dan spa bisa membuat tubuh betul-betul mendapatkan ketenangan yang tiada taranya. Bagi penderita tekanan darah rendah, sauna dan mandi air panas sebaiknya dihindari. Hal ini dapat membuat tekanan darah justru menjadi semakin turun lagi. Sauna dan mandi air panas bukanlah pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah.
  • Tidur Berkualitas
    Tidur yang kurang dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah. Penderita darah rendah bisa jadi mendapatkan bahaya, ketika ia tidur tidak dalam waktu yang cukup. Tidurlah dengan rentang waktu yang telah direkomendasikan oleh dunia kesehatan, yakni 8 jam/hari. Tidur tersebut harus lelap dan berkualitas, supaya saat bangun tubuh kembali sehat, segar dan prima.
  • Minum Air Putih Cukup
    Setiap manusia mempunyai kebutuhan air putih. Kebutuhan air putih harus dikonsumsi sebanyak 8 gelas setiap hari, sebagai porsi yang cukup. Konsumsi air putih secara cukup dapat meningkatkan kualitas peredaran darah dan mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.
  • Periksa Tekanan Darah
    Pemeriksaan tekanan darah harus selalu dilakukan secara berkesinambungan, bagi siapa pun. Dengan memeriksa tekanan darah secara berkesinambungan, kita akan tahu berapa tekanan darah kita. Jika tekanan darah rendah, maka harus segera diberikan tindakan, agar tekanan darah kembali ke rentang normal kembali.

Tekanan darah yang rendah tidak baik untuk kesehatan. Jika Anda mengalami tekanan darah yang terus-terusan rendah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan sebagai cara cara mengatasi tekanan darah rendah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah | yuda.site | 4.5