Ciri-ciri Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui

Tuesday, November 22nd, 2016 - Info dan Tips

Ciri-ciri penyakit ginjal yang harus diketahui merupakan hal penting untuk diwaspadai. Penyakit ginjal bisa menyerang siapa saja, tua-muda, wanita maupun laki-laki. Oleh karena itu, siapapun harus memperhatikan dan menjadikan itu sebagai perhatian. Untuk mencegah penyakit menjadi semakin parah, maka seseorang harus betul-betul mengerti dan tahu tentang gejala-gejala awal mungkin timbul. Ini bisa dijadikan patokan, supaya masalah kesehatan tidak berkelanjutan.

Inilah Ciri-ciri Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui

Banyak kondisi medis yang sebetulnya bisa terjadi pada organ ginja. Tetapi, penyakit-penyakit tersebut mempunyai gejala-gejala yang lebih spesifik. Untuk itu, kita perlu mengetahui gejala-gejala tersebut. Jika gejala-gejala itu muncul dan dirasakan, maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Biarkan dokter yang memutuskan tindakan apa yag harus diambil. Dengan begitu, masalah ginjal yang menjadi permasalahan akan ditemukan solusi dan jalan keluarnya. Inilah beberapa gejala yang harus diwaspadai :

  • Mual dan Muntah
    Mual dan muntah memang merupakan gejala umum, bisa terjadi pada kondisi medis yang lain. Tetapi, jika kondisi ini didukung dengan kondisi lainnya, bisa jadi ini membentuk sebuah gejala penyakit ginjal. Penderita penyakit ginjal bisa mengalami penumpukan cairan pada bagian perut. Hal inilah yang menyebabkan penderita bisa sampai mual dan muntah.
  • Warna Urin Keruh
    Warna air kencing bisa menjadi pertada adanya masalah pada ginjal. Urin yang normal akan berwarna bening, karena ginjal menjalankan fungsinya, yakni melakukan penyaringan urin. Nah, ketika ginjal mengalami gangguan, maka proses penyaringan urin juga akan terganggu.
  • Tubuh Bengkak
    Pembengkakan pada tubuh bisa terjadi pada penderita penyakit ginjal. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan cairan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Beberapa anggota tubuh yang bisa mengalami pembengkakan antara lain tangan, kaki dan perut.
  • Penurunan Nafsu Makan
    Pada kasus penyakit ginjal, dapat terjadi berbagai kondisi yang berhubungan dengan perut. Jika perut terasa penuh dan seperti terisi, maka penderita akan merasakan bahwa selera makan turun, bahkan mual. Hal ini karena ada perasaan tidak nyaman pada bagian rongga perut.
  • Kencing Dikerubuti Semut
    Kondisi ini sering terjadi pada penderita yang mengalami diabetes. Namun, pada penyakit ginjal tertentu, yang disebut glukosaria, urin penderita juga bisa dikerubuti semut. Penderita glukosaria mempunyai kandungan glukosa di dalam urinnya, sehingga itu akan memancing semut untuk datang.
  • Sakit Pada Pinggang
    Merasa sakit pada bagian pinggang, bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada ginjal. Sakit pinggang memang merupakan hal yang umum, apalagi bagi mereka yang bekerja berat menggunakan otot. Berbeda dengan orang yang mengalami sakit ginjal, mereka meraskan nyeri saat tidak melakukan aktivitas otot apapun.
  • Nyeri Saat Kencing
    Hal ini sering terjadi pada orang yang mengalami batu ginjal. Nyeri saat berkemih dikarenakan saluran kemih tertekan dengan kristal batu ginjal yang ada tersebut. Hal ini harus betul-betul dihilangkan, karena akan menyebabkan kesakitan terus menerus.
  • Demam
    Demam merupakan sebuah gejala dari adanya penyakit. Salah satu gejala penyakit ginjal adalah munculnya demam yang tidak kunjung sembuh, walaupun sudah diberikan obat penurun panas.

Seseorang harus betul-betul merasakan gejala sebagai sesuatu yang harus diwaspadai. Dengan begitu, setiap orang mampu mengatasi masalah kesehatannya sebelum ia betul-betul datang menjadi masalah yang jauh lebih besar. Untuk itu, waspadai ciri-ciri penyakit ginjal yang harus diketahui.

Ciri-ciri Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui | yuda.site | 4.5