Gejala Kanker Serviks Stadium 1 - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Gejala Kanker Serviks Stadium 1

Thursday, December 1st, 2016 - Info dan Tips

Gejala kanker serviks stadium 1 sering kali tidak ketahuan. Itulah mengapa, sering juga kanker serviks disebut-sebut sebagai salah satu penyakit silent killer atau pembunuh diam-diam. Kanker serviks banyak sekali menelan korban dan menjadi salah satu pembunuh terbesar kaum wanita. Tidak jarang, kanker serviks baru ketahuan setelah masuk ke stadium lanjut.

Gejala Kanker Serviks Stadium 1 Yang Mungkin Muncul

Seperti yang dikatakan di atas, gejala kanker serviks kadang kala tidak muncul pada stadium awal, atau stadium 1. Cara terbaik untuk mendeteksinya adalah, dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Meskipun demikian, pada sebagian kasus kanker serviks muncul pada stadium 1. Jika terdapat gejala-gejala ini, dia harus segera memeriksakan dirinya ke dokter, untuk mengetahui kondisi yang sebetulnya dia derita. Berikut beberapa gejalanya :

  • Pendarahan Dari Vagina
    Pendarahan dari vagina memang normal, jika wanita sedang menstruasi. Namun, jika hal tersebut terjadi di luar masa menstruasi, maka itu bisa jadi salah satu gejala ketidak normalan. Harus segera diperiksakan ke dokter, agar dapat segera dideteksi masalahnya.
  • Keputihan Tidak Normal
    Wanita mengalami keputihan sangatlah normal. Tetapi, Anda harus tahu bagaimana keputihan yang normal itu. Jika keputihan berwarna dan berbau tidak normal, atau bisa jadi tidak berhenti-berhenti, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter.
  • Nyeri Panggul
    Nyeri panggul yang terasa begitu menyakitkan, bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah yang serius. Meskipun masalah yang mungkin terjadi bukan hanya kanker, tetapi ini bisa menjadi tandanya. Untuk itu, jika Anda mengalami hal ini, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Pendarahan Hubungan Intim
    Hubungan suami istri harusnya menjadi sesuatu yang sangat dinikmati oleh pasangan suami istri. Namun, hal ini bisa terkendala jika ada masalah-masalah kesehatan. Misalnya, salah satu tanda kanker serviks adalah terjadinya pendarahan, pada saat berhubungan intim.

Penyebab dan Pencegahan Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh suatu virus yang disebut HPV. Virus ini mempunyai berbagai jenis, tetapi ada jenis-jenis tertentu yang berbahaya, virus tersebut menjadi penyebab kanker serviks. Kanker serviks ini harus ditemukan sedini mungkin. Jika sudah ditemukan sedini mungkin, maka kemungkinan akan bisa disembuhkan, jauh lebih besar. Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan yang disebut dengan pap smear. Pemeriksaan ini sangat disarankan untuk dilakukan secara berkesinambungan. Dengan demikian, tidak ada peluang yang besar, kanker bisa berkembang.

Untuk pencegahan kanker serviks, biasanya dokter akan menyarankan untuk vaksinasi HPV. Jenis vaksin ini sangat disarankan untuk mengebalkan tubuh terhadap jenis-jenis HPV. Dengan demikian, virus HPV tidak akan mempan terhadap tubuh seorang wanita yang melakukan vaksinasi HPV.

Pengobatan Kanker Serviks

Seorang penderita kanker serviks, harus menjalani berbagai pengobatan. Jenis pengobatan tentu akan sangat disesuaikan dengan kondisi pasien dan juga tingkat stadium. Pengobatan di stadium awal akan dilakukan dengan lebih ringan tentunya. Untuk stadium yang semakin parah, maka pengobatan akan dilakukan dengan berbagai prosedur lainnya. Beberapa jenis pengobata bagi penderita kanker serviks, antara lain adalah :

  • Operasi radical trachelectomy
  • Operasi pengangkatan rahim
  • Pelvic exenteration
  • Radioterapi
  • Kemoterapi

Setiap wanita harus peka terhadap organ tubuh yang dimilikinya. Jika ada gejala-gejala tertentu, harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, ia akan tahu kondisi medis yang dialaminya. Terlebih lagi, harus selalu memeriksakan diri secara berkala. Beberapa kondisi, seperti gejala kanker serviks stadium 1 tidak muncul, hanya bisa dideteksi lewat pemeriksaan.

Gejala Kanker Serviks Stadium 1 | yuda.site | 4.5