Gejala Kanker Serviks Stadium Awal - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Monday, November 28th, 2016 - Info dan Tips

Gejala kanker serviks stadium awal harus diwaspadai sejak kemunculannya. Kanker serviks (kanker mulut rahim) merupakan salah satu jenis kanker pembunuh terbanyak kaum wanita. Jika kanker sudah memasuki stadium lanjut, maka pengobatan yang dilakukan akan lebih susah. Kunci untuk pengobatan kanker serviks supaya efektif, memang harus dilakukan seawal mungkin. Dengan begitu, bisa memungkinkan pengobatan dilakukan secara efektif dan berpeluang besar untuk bisa sembuh.

Kenali Kanker Serviks Stadium Awal

Setiap wanita berisiko mengalami kanker serviks yang mematikan. Untuk alasan ini, wanita memang harus sangat hati-hati dan peka terhadap gejala-gejala yang mungkin terjadi. Ketika kanker serviks menandakan gejala-gejala awal, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan demikian, dokter bisa mengambil tindakan yang sangat tepat, sedini mungkin. Sebetulnya, gejala dini kanker serviks seringkali tidak disadari. Pada akhirnya kanker baru ditemukan saat sudah memasuki stadium lanjut. Cara paling aman untuk mengetahui adanya kanker adalah, dengan melakukan pemeriksaan berkala ke dokter. Namun demikian, jika memang muncul gejela-gejala awal, bisa diwaspadai.

Berikuti ini adalah beberapa tanda kanker serviks yang mungkin terjadi pada stadium awal :

  • Pendarahan
    Wanita memang normalnya mengalami pendarahan bulanan, yakni menstruasi. Namun, jika terjadi pendarahan yang tidak normal, maka wajib dicurigai sebagai salah satu gejala dari kanker serviks. Pendarahan mungkin terjadi saat melakukan hubungan intim dan di luar masa menstruasi.
  • Keluar Cairan Dari Vagina
    Gejala lain yang mungkin terjadi adalah munculnya cairan dari vagina yang tidak biasa (bukan keputihan biasa). Cairan tersebut mempunyai bau yang aneh, dan berwarna tidak normal. Umumnya, warna yang muncul adalah cokelat, pucat, merah muda atau bisa juga mengandung darah.
  • Menstruasi Abnormal
    Keluar darah saat menstruasi tentu saja merupakan hal yang sangat normal. Namun, ketika pendarahan pada menstruasi jumlahnya lebih banyak dari biasanya, hal itu bisa mengindikasikan gejala kanker serviks. Selain itu, bisa juga terjadi perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya.
  • Rasa Sakit Hubungan Seksual
    Perasaan sakit saat berhubungan seksual merupakan salah satu tanda adanya gejala kanker serviks. Hal ini sangat patut diwaspadai dan harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Lakukan Pemeriksaan Dini

Seperti yang telah disebutkan di atas, gejala kanker serviks tidak selalu muncul di awal. Terkadang, gejala itu baru muncul saat kanker sudah menjelang stadium akhir. Cara terbaik untuk mendeteksi adanya kanker serviks tersebut adalah, dengan melakukan pemeriksaan rutin. Metode pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks adalah pap smear. Dengan melakukan pap smear secara rutin, maka akan diketahui dengan segera, jika terdapat lesi kanker yang masih awal. Jika sudah begitu, dokter akan mengambil tindakan yang sangat tepat, sedini mungkin.

Bagaimana Mencegah Kanker Serviks?

Perlu diketahui, bahwa kanker serviks disebabkan oleh jenis virus HPV. Jenis virus ini sangat banyak, tetapi yang paling berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18. Kedua jenis ini merupakan penyebab munculnya kanker serviks. Salah satu cara yang populer untuk mencegah kanker serviks adalah melakukan vaksinasi HPV. Selain itu, pemeriksaan tetap harus dilakukan secara rutin, untuk memastikan bahwa rahim bersih dari lesi kanker. Pemeriksaan kanker serviks harus dilakukan secara berkesinambungan, sehingga kita bisa tenang jika kita betul-betul bersih. Peka terhadap diri sendiri merupakan kunci untuk mencegah munculnya masalah kesehatan apapun. Demikian sedikit penjelasan tentang gejala kanker serviks stadium awal!

 

Gejala Kanker Serviks Stadium Awal | yuda.site | 4.5