Waspadai Obesitas Pada Anak dan Ketahui Cara Mengatasinya - Tulisan Kesehatan - Tulisan Kesehatan

Waspadai Obesitas Pada Anak dan Ketahui Cara Mengatasinya

Wednesday, June 11th, 2014 - Info dan Tips

waspadai obesitas pada anak dan ketahui cara mengatasinya Pada zaman modern ini banyak aktifitas yang pada awalnya di kerjakan oleh manusi namun sekarang berpindah peran dan di lakukan oleh sebuah mesin, memang manfaat dari itu adalah mempermudah pekerjaan manusia. Namun dampak negative nya adalah minimbya gerak badan yang seharusnya di lakukan oleh manusia.

 Cara Mengatasi obesitas pada anak

Tak terkecuali trend permainan di kalangan anak-anak zaman sekarang, Jika pada zaman dahulu  ketika masa kecil kita bermain permainan yang sederhana semisal Petak umpet, gerobak sodor, main kelerenag(dalam bahasa jawa nekeran), bermain layang-layang(layangan) dan sejenisnya, jika permainan zaman dulu banyak mengandung unsur kebersamaan atau kesederhanaan, tetapi tidak untuk permainan zaman sekarang, Selain akan ada dampak pada psikologis anak, mainan serba digital tersebut lama kelamaan akan juga berdampak pada kesehatan anak dan bisa juga menimbulkan obesitas pada anak itu sendiri.

Cara Mengatasi obesitas pada anak

Obesitas atau yang biasa kita sebut dengan kegemukan tentu saja akan berdampak bagi tubuh manusia, seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi dan gangguan pada sendi. Tak hanya para orang tua saja yang perlu khawatir akan postur tubuhnya, namun obesitas sekarang juga sudah di alami oleh sebagian anak-anak. Ciri-ciri awal atau tahap-tahap awal seorang anak bisa mengalami obesitas adalah terlalu sering melihat Televisi sehingga membentuk mental atau sifat pemalas. Dan efek sifat malas tersebut maka karbohidrat dan lemak tidak akan terbakar secara sempurna dan pasti akan mempunyai dampak pada postur tubuh anak tersebut, selain televisi bermain game online maupun off line yang berbasis multi media atau teknologi juga mempunyai dampak yang sama. Mulai dari sekarang anda sebagai orang tua harus memperhatikan jam nonton televisi maupun bermain game dan pola makannya, khusus untuk game, memang ada sebagian game yang di rancang khusus untuk mengasah otak. Tetapi jangan sampai game tersebut mengganggu kesehatan anak anda Sebagai orang tua, anda juga perlu untuk mengetahui gejala-gejala awal obesitas pada anak, ciri awal yang muncul ialah ada noda tanda hitam di sekitar leher, namun ironisnya sebagian orang tua justru menganggap jika hal itu adalah masalah kebersihan.

Tanda hitam yang ada pada sekitar leher adalah menunjukan kadar insulin darah yang terlalu tinggi, dan jika di biarakan bukan tidak mungkin anak anda kan terkena diabetes militus. Jika anda menemukan tanda tersebut pada anak ana, sebaiknya segera di bawa kedokter untuk mngcek atau memeriksa kadar gula pada anak anda

Sedikit tips untuk mencegah terjadinya obesitas pada anak :

  • Mengatur Pola Makan

Makan yang baik adalah makanan yang mengandung nutrisi atau gizi yang lengkap, porsi makan yang baik adalah 3x dalam sehari. Ketika anak anda bersekolah, perhatikan juga jenis makanan/ jajanan yang di beli oleh anak anda.

  • Olahraga Teratur

Terlalu sering menonton televisi juga dapat merubah pola pikir anak yang sebelumnya giat / aktif dalam berbagai hal berubah menjadi pemalas. Begitu pun juga terhadap olahraga, mereka lebih cenderung suka menonton televisi dari pada berolahraga. Untuk itu ajaklah anak anda berolahraga bersama secara rutin minimal 30 menit dalam sehari. Sebenarnya tidak hanya media olahraga saja, anda juga bisa mengikutkan anak anda dalam aktivitas sekolah semisal estrakulikuler.

Jika anak anda sudah terlanjur mengalami obesitas maka segera rubah pola hidupnya, dan menjalankan metode/ tips yang sudah di sebutkan. Dan untuk mengetahui atau mengukur tingkat keberhasilannya anda bisa berpatokan pada berat badannya. Namun yang perlu di ingat adalah keseimbangan antara tinggi badan dan berat badan. Jika dirasa ideal anda juga tidak perlu khawatir akan hal itu.
Cukup sekian artikel tentang cara mengatasi obesitas pada anak, semoga dapat menjadi reverensi untuk anda sebagai orang tua yang peduli pada tumbuh kembangnya anak.

Waspadai Obesitas Pada Anak dan Ketahui Cara Mengatasinya | yuda.site | 4.5